Api

API adalah sebuah teknologi untuk memfasilitasi pertukaran informasi atau data antara dua atau lebih aplikasi perangkat lunak. API adalah antarmuka virtual antara dua fungsi perangkat lunak yang saling bekerja sama, seperti antara sebuah word processor dan spreadsheet. Sebuah API mendefinisikan bagaimana cara programmer memanfaatkan suatu fitur tertentu dari sebuah komputer. API tersedia untuk sistem windowing, sistem file, sistem basis data dan sistem jaringan.

API yang dimiliki ESPAY membantu developer untuk mengakses fungsionalitas ESPAY. Terdapat beberapa metode API yang dimana dapat digunakan dalam berbagai hal meliputi penerimaan pembayaran, pembuatan invoice, pengiriman dana, dan pengelolaan akun.

ESPAY melakukan otentikasi perintah API dengan menggunakan kunci API yang ada pada akun Anda. Bila Anda tidak menyertakan kunci tersebut atau menggunakan kunci yang tidak tepat serta kunci yang akan digunakan sudah dihapus pada saat membuat perintah API, maka ESPAY akan mengembalikan respon error

ESPAY telah menyediakan kunci yang terpisah untuk setiap akunnya untuk melakukan pengujian dan pemrosesan dalam transaksi live. Semua perintah API dapat dibuat dalam mode Test maupun mode Live.

Terdapat 2 tipe kunci API: secret dan public

Kunci API Secret harus dirahasiakan dan hanya disimpan di server Anda. Kunci ini dapat digunakan untuk membuat semua perintah API tanpa batasan

Kunci API Public digunakan untuk mengidentifikasi akun Anda di ESPAY. Dengan kata lain, kunci ini dapat dicantumkan dalam kode ESPAY.js Javascript atau aplikasi Android atau iPhone. Kunci Public hanya dapat digunakan untuk membuat token dan otentikasi pada Kartu Kredit/Debit

Anda akan mendapatkan tiga kunci API setelah proses registrasi akun yaitu satu kunci secret di mode Test dan sepasang kunci public masing-masing di mode Test dan mode Live. Anda dapat melakukan perubahan seperti menambah atau menghapus kunci sesuai kebutuhan Anda.

Catatan: Hanya gunakan kunci API mode Test untuk pengembangan integrasi dan pengujian. Ini menjamin Anda untuk menghindari pembuatan atau modifikasi transaksi Live secara tidak disengaja.